BitCoin, Mata uang baru di dunia maya

Assalamualaikum Wr Wb,

Halo selamat malam, akhirnya setelah blog walking kurang lebih 2 jam, dengan membaca beberapa referensi yang membahas tentang bitcoin sedikit memberikan angin segar untuk lebih ‘memahami’ apa sebenarnya, bagaimana sistem kerjanya, dan tentu resikonya.

Saya akan coba untuk menjabarkan secara singkat point-point penting yang bagi anda mungkin baru mendengar istilah bitcoin, atau mungkin anda sudah pernah mendengar tetapi tidak ‘ngeh’ apa sebenarnya ‘benda’ ini.

Sejarah :
bitcoin sebenarnya sudah di cetuskan dengan ‘nama lain’ sejak tahun 1998 oleh seseorang yang bernama wei dai, namun demikian orang kebanyakan mengetahui di publikasikan oleh seseorang berkebangsaan jepang bernama Satoshi Nakamoto. Dan menurut beberapa sumber (tidak tahu relevan atau tidak), nama Satoshi Nakamoto adalah nama samaran, yang sebenarnya adalah ‘pergerakan’ dari organisasi.

Konsep Dasar:
Pada dasarnya bisa dianggap sebagai ‘mata uang virtual’ yang fungsinya sama persis seperti uang fisik, dapat digunakan untuk membayar (barang dan jasa), namun demikian ‘mata uang virtual’ tersebut tidak ada pihak yang ‘mengontrol’ sepertih hal nya BANK pada mata uang fisik.

setiap bitcoin disimpan pada ‘dompet virtual’ yang disebut sebagai Wallet, wallet ini sepengetahuan saya bisa di install (karena dompet virtual) pada perangkat komputer / notebook, smartphone, bahkan anda bisa menyewa server (webiste) sebagai tempat untuk menyimpannya.

Bentuk:
Sama seperti file film bajakan yang sering anda download, atau seperti file-file ms office anda yang berada di hardisk, bitcoin juga berupa ‘file’ yang tersimpan pada hardisk anda (jika menggunakan wallet desktop / notebook) dan tersimpan pada smartphone anda jika menggunakan wallet smartphone.

Itulah mengapa rentan hilang, rusak, terhapus, terformat, dll. karena sifatnya yang per to per, artinya jika anda melakukan transaksi maka langsung direct dari wallet a ke wallet b, langsung ke alamat yang anda ajak bertransaksi atau istilah kerennya itu ya peer to peer.

Penggunaan dan Resikonya:
Pemerintah indonesia dengan jelas mengatakan bahwa bitcoin bukanlah alat pembayaran yang sah seperti uang fisik pada umumnya, dalam artian pemerintah tidak ikut campur dalam urusan pembayaran / transaksi yang dilakukan oleh beberapa pihak yang menggunakan teknologi ini.

Bahkan negara seperti thailand melarangnya, kemudian china membatasi penggunaannya, dan singapore pun juga melarang penggunaannya, dengan maksud dan tujuan karena dapat mempengaruhi kestabilan pembayaran online lainnya yang berhubungan dengan ekonomi negara, referensi : disini

Walaupun dilengkapi dengan enkripsi cryptographic canggih, artinya setiap transaksi valid biasanya terdapat 33 key acak yang akan diverifikasi oleh semua ‘blok’ yang terhubung dalam transaksi tersebut agar semua pengguna mengetahui bahwa transaksi nya benar-benar valid. Maka dari itu setiap transaksi memerlukan waktu 10 menit antrean untuk verifikasi / tanda tanggan agar transaksi tersebut tidak digunakan sebagai transaksi ganda/ transaksi berulang / transaksi penipuan.

Namun demikian dengan segala kecanggihan enkripsinya, mata uang virtual ini memiliki resiko sangat tinggi seperti yang saya kutip dari bitcoin.co.id :

Perdagangan Bitcoin merupakan aktifitas beresiko tinggi. Harga Bitcoin fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Sehubungan dengan fluktuasi harga, nilai aset yang anda miliki dalam bertambah maupun berkurang secara signifikan sewaktu-waktu.

Bagaimana anda menyikapi ‘mata uang virtual’ ini ? mohon sharing nya di kolom komentar.

Wassalam
Hendra Wijaya

Simbol Bitcoin

Referensi, tanggal akses 08 Januari 2015 pukul 9.12 PM :

  • http://bitcoinindonesia.biz/apa-itu-bitcoin/
  • https://artabitblog.wordpress.com/basis-pengetahuan/cara-kerja-bitcoin/
  • https://www.maxmanroe.com/mengenal-apa-itu-bitcoin-mata-uang-virtual-baru-di-dunia-internet.html
  • https://bitcoin.org/id/yang-perlu-anda-ketahui
  • https://bitcoin.org/id/cara-kerja
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Bitcoin

Tinggalkan Balasan